Indonesia, our beloved country. Tahun ini Indonesia merayakan 64 tahun kemerdekaannya.


Jujur, gw kecewa.


Gw berlangganan Indovision udah lumayan lama lahh… dan selama itu gw juga lumayan rajin nonton discovey channel, nope I’m not here to complaint about my television. Selama gw nonton discovery channel sering kali ada ulasan tentang asia. Mereka mengulas China, Thailand, Malaysia, Singapore, dan Philippine. And that’s all, they pass Indonesia as if we’re not exist! I’m hurt, deeply hurt as an Indonesian.


Ada juga advertisenya acara tentang Malaysia yang baruuuu aja, baruuuu aja nih gw liat. Awalnya ada kaya culture-culture gitu, ada tari bali gitu lahh… gw udah seneng nih…’yeeey Indonesiaaa!’ pikir gw. Ehhh…nongol-nongol MALAYSIA. Kali ini gw nggak terima dong, itu ada tari Bali, BALI. Gw nggak heran kalau bentar lagi Malaysia ngaku-ngaku punya Bali.


Ada lagi, di Hallmark. Tau acara biggest losers? Itu reality show untuk nurunin berat badan dan hidup sehat gitu dehh, trus ada biggest loser asia, di iklannya gw inget banget untuk dating ke fitness first di pacific place, Indonesia tanggal 8 agustus dan fitness first megamall, Philippine tanggal 15 agustus. Ada iklan yang ngulas audisi sebelumnya di singapura tanggal 25 juli, selewat tanggal 8 agustus, gw mikir harusnya audisi di Indonesia diulas dong? Ehhh tau ngga yang diulas mana? MALAYSIA. Ya, gw ingeeet banget naratornya ngomongin audisi di singapura lalu yang di Malaysia terus dia menginformasikan audisi sekanjutnya yaitu di Filipina. Sakit hati gw. Sekali lagi, they pass us as if we don’t exist.


Tapi satu yang gw kecewa sekali sama Indonesia. Tau dede? Itu lho yang badannya penuh kutil. Ya dede pernah masuk koran, televise, radio, dll. Tapi cumin sekali aja kan? Kemarin kakak gw nonton di discovery channel, judulnya "Treeman: the cure". Yap, mereka ngomongin dede, yang gw heran, kenapa discovery rela ngeluarin uang banyak untuk nyembuhin dede, sedangkan Indonesia cuman ngeliput sesaat? Ini serius lho, discovery channel ngikutin cerita dede dari awal, meneliti, mengobati si dede, yang mereka sebut treeman. Indonesia? Pers sesaat.

Gw kecewa banget sama Negara kita ini. Negara yang nggak ada. Kita hidup di Negara yang nggak ada, hampa. Coba perhatiin deh di jalan-jalan orang biisa seenaknya nutup jalan (kalo lo tinggal di condet alasannya selalu 4: maulid nabi, pengajian, nikahan, dangdutan) harusnya ngga bisa gitu dong. Harus ada jalur alternatifnya, ada surat ijinnya, yang nutup juga harus pihak berwenang, bukan mas-mas dan kursi kayu.


bukan cuma itu, lo pasti tau indonesia punya masalah besaaar yang berhubungan dengan emosi, dikit-dikit tawuran, dikit-dikit anarkis, dikit-dikit bakar-bakaran. Di banyak kasus seringnya masalahnya itu sederhana, si A musuhan sama si B karena si B nonjok si A. Si A punya banyak temen (geng) naah geng-nya si A tau kalo dia digebuk ma si B, jadi deh si B dikeroyok, si B pastinya ngelawan dong, gengnya si B ikut ngelawan dong?? dan BUM! tawuran... udah gitu mereka menyebutnya "cara indonesia" what the...?


Well, I guess, kalo nggak gitu ya nggak Indonesia.